Pengaruh Komputer dan Internet dalam segala Bidang
Oleh :
Sherly Anggraini
Npm :2011010456
Jurusan Pendidikan Agama Islam/UIN RIL
Teknologi informasi telah menjadi fasihan pengalihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya konvensional. Penyebab Teknologi Informasi ilmu pengetahuan dalam tumbuh dan ber kembang. Namun, TIK juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan,salah satu yang menonjol adalah di bidang pendidikan.
Pada artikel ini akan dijelaskan peranan TI untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis multimedia komputer ataupun dengan menggunakan media website atau yang sering dikenal dengan istilah cyber school. Pada artikel
ini juga akan dijelaskan bagaimana kita memlih media pembelajaran yang tepat untuk proses pembelajaran.
I. PENDAHULUAN
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala
aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Peran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) semakin nyata dalam berbagai bidang, bahkan dalam peningkatan keilmuan, penggunaan TIK diharapkan mampu mendorong kebangkitan Indonesia dalam era globalisasi. Untuk itu, pemerintah melalui Inpres no. 6/2001 telah berupaya untuk menetapkan kebijakan nasional dalam hal TIK
dengan visi untuk membangun suatu pengetahuan yang berdasarkan masyarakat Telematika Nusantara. Karena sangat minimnya penggunaan/penerapan TIK di negara kita, menyebabkan semakin tertinggalnya negara kita dari negara lain.
Menguasai TIK secara mendasar dapat mengurangi ketergantungan pada bangsa-bangsa lain.
Sebagai bahan pertimbangan, kita bisa melihat negara-negara tetangga kita seperti: Singapore, Malaysia atau India. Khususnya India, apakah mereka memiliki perekonomian yang lebih baik dari Indonesia? Kenapa mereka memiliki pakar-pakar IT yang sangat diperhitungan di dunia? Apakah SDM kita tidak bagus? Apakah guru-guru/tenaga pengajar yang melahirkan SDM tidak berkualitas? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas,
baik secara pribadi maupun bersama-sama dengan pemerintah harus bisa intropeksi diri. Mulai dari diri sendiri, seorang guru harus berusaha mulai mengenalkan TI
(Teknologi Informasi) terhadap anak didiknya, atau menggunakan TIK tesebut dalam proses belajar mengajar. Proses inilah yang disebut sebagai Pembelajaran Berbasis Komputer.
Dengan dikeluarkannya kurikulum 2004, yang mengikutkan mata pelajaran TIK
dalam pendidikan SMP, SMU dan SMK, adalah merupakan langkah yang sangat tepat untuk menghadapi era globalisasi ini. Lahirnya kurikulum TI 2004 ini, memunculkan masalah baru, bagaimana kita menerapkan/ mengimplementasikan Kurikulum TI 2004 ini, sehingga dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan oleh pemerintah. Realita di lapangan, ada beberapa hambatan dalam penerapan kurikulum TIK ini. Baik itu, karena minimnya sarana (komputer) dan juga pengajar yang kompeten untuk memegang mata pelajaran tersebut.
Adapun rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimanakah peranan Teknologi Informasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan? Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui peranan Teknologi Informasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Artikel ini diharapkan mampu memeberikan pengetahuan TIK sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
II. MATERI DAN METODE
Materi yang diangkat dalam artikel ini adalah mengenai peranan Teknologi
Informasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Materi ini diperoleh dengan cara pengumpulan dari berbagai informasi tentang TIK yang ada di internet pada beberapa website dan buku teks.
III.PEMBAHASAN
Perkembangan Teknologi dalam Dunia Pendidikan Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Education for the Twenty First Century” merekomendasikan Pendidikan yang berkelanjutan (seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran, yaitu : Learning to know (belajar untuk menguasai pengetahuan),learning to do (belajar untuk mengetahui keterampilan), learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), dan Learningto live together (belajar untuk hidup bermasyarakat), untuk dapat mewujudkan empat pilar pendidikan di era globalisasi informasi sekarang ini, para guru sebagai agen pembelajaran perlu menguasai dan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.
Menurut Rosenberg ( 2001 ), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada
beberapa pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:
a. Dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja,
b. Dari kertas ke “on line” atau saluran,
c. Dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-
media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail dan lain sebagainya. Interaksi antar guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka dan juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh
informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber media cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran Maya, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media Teknologi Komunikasi dan Informasi
khususnya Internet.
Menurut Rosenberg (2001), e-learning merupakan satu penggunaan Tekonologi Internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria, yaitu:
a. E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui,
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau Informasi,
b. Pengiriman sampai kepengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan
teknologi Internet yang standar,
c. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik
paradigma pembelajaran tradisional.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan
perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering jumpai adanya pemfaatan dari perkembangan Teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh guru atau dosen yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses pembelajaran.
Internet merupakan salah satu alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan
karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Namun demikian, dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh lupa bahwa Teknologi itu tidak hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak negatif, inilah yang harus tetap kita waspadai. Mengingat saat sekarang ini sering kita jumpai dimana-mana banyak para pelajar dan mahasiswa yang sering menggunakan fasilitas Teknologi tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga
hal ini dapat mendatangkan dampak yang negatif.
Guru dan Media Pembelajaran
Pada saat ini, guru bukan satu-satunya sumber belajar. Banyak contoh, dimana
siswa dapat lebih dahulu mengakses informasi dari media massa seperti surat kabar, televisi bahkan internet. Bagaimana guru menyikapi perkembangan ini? Ada tiga kelompok guru yang menyikapi hal ini:
(1) Kelompok yang tidak peduli, Seorang guru yang mempunyai rasa percaya diri yang berlebihan (over confidence). Hal ini, mungkin mereka berpegang kepada anggapan bahwa sampai kapanpun posisi guru tidak akan tergantikan. Dalam setiap proses pembelajaran tetap diperlukan sentuhan manusiawi. Teknologi tidak bisa
menggantikan manusia. Bagaimanapun teknologi berkembang, guru adalah guru,
harus digugu dan ditiru. Benar bahwa media tidak dapat menggantikan guru, namun sikap tidak peduli terhadap perkembangan, bukanlah sikap yang tepat. Walau bagaimana, lingkungan kita terus berkembang, tuntutan masyarakat terhadap kualitas guru semakin meningkat. Kita tidak bisa tak peduli.
(2) Kelompok yang menunggu petunjuk. Kelompok inilah yang paling banyak
ditemukan. Mungkin ini akibat dari kebijakan yang selama ini, dimana guru dalam sistem pendidikan nasional hanya dianggap sebagai “tukang” melaksanakan
kurikulum yang demikian rinci dan kaku. Kurikulum yang sangat lengkap dengan
berbagai petunjuk pelaksanaannya, sehingga guru tinggal melaksanakan, tanpa boleh menyimpang dari pedoman baku.
(3) Kelompok yang mampu menyesuaikan diri. Sejalan dengan perubahan kurikulum
dan otonomi pendidikan, bukan lagi masanya bagi guru untuk selalu menunggu
petunjuk. Guru adalah tenaga profesional, bukan tukang. Oleh karena itu, sikap yang
tepat untuk kita adalah cepat menyesuaikan diri. Guru perlu segera mereposisi perannya. Pada saat ini guru tidak lagi harus menjadi orang yang paling tahu di kelas. Namun ia harus mampu menjadi fasilitator belajar. Ada banyak sumber belajar yang tersedia di lingkungan kita, yang dapat dirancang untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Guru yang baik akan merasa senang kalau muridnya lebih pandai dari dirinya.
Pertimbangan dalam Memilih Media
Ada sejumlah pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang tepat.
Untuk lebih mudah mengingatnya, pertimbangan tersebut dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION, yaitu akronim dari: access, cost, technology, interactivity, organization, novelty.
(1) Access, kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam memilih media.Apakah media yang kita perlukan itu tersedia, mudah dan dapat dimanfaatkan oleh murid? Misalnya, kita ingin menggunakan internet, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu apakah ada saluran untuk koneksi ke internet? Akses juga menyangkut aspek kebijakan, misalnya apakah murid diijinkan untuk menggunakannya? Komputer yang terhubung ke internet jangan hanya digunakan oleh kepala sekolah, tetapi juga guru dan yang paling penting untuk murid.
(2) Cost, biaya juga harus dipertimbangkan. Banyak jenis media yang dapat menjadi
pilihan kita. Media canggih biasanya mahal. Namun mahalnya biaya itu harus kita
hitung dengan aspek manfaatnya. Semakin banyak yang menggunakan, maka unit
cost dari sebuah media akan semakin menurun.
(3) Technology, mungkin saja kita tertarik terhadap media tertentu. Tapi kita perlu
perhatikan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya? Katakanlah kita ingin menggunakan media audio visual di kelas. Perlu kita pertimbangkan, apakah ada listrik, voltase listrik cukup dan sesuai?
(4) Interaktivity, media yang baik adalah yang dapat memunculkan komunikasi dua
arah atau interactivitas. Setiap kegiatan pembelajaran yang anda kembangkan tentu saja memerlukan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut.
(5) Organization, pertimbangan yang juga penting adalah dukungan organisasi. Misalnya, apakah pimpinan sekolah atau yayasan mendukung? Bagaimana pengorganisasiannya. Apakah di sekolah ini tersedia satu unit yang disebut pusat belajar?
(6) Novelty, kebaruan dari media yang anda pilih juga harus menjadi pertimbangan.
Media yang lebih baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa.
Peran Teknologi Informasi dalam Pembelajaran
Pembelajaran bermedia komputer adalah cara untuk memproduksi atau menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan sumberdaya dengan basis mikroprosesor. Tugas para ahli teknologi pendidikan dalam hal ini adalah mendesain pembelajaran agar dapat disajikan dengan menggunakan komputer. Kegiatan utama siswa sebagai pemakai dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan basis komputer adalah mengakses informasi dari sumber informasi, yaitu komputer. Proses pembelajaran sebenarnya didominasi oleh kegiatan manajemen informasi. Ada tiga komponen utama dalam informasi, yaitu pemakai, akses dan informasi. Dalam proses pembelajaran sebagai pemakai adalah siswa, sebagai informasi adalah materi pembelajaran yang berasal dari buku, basis data komputer, basis pengetahuan atau sumber informasi lainnya. Sedangkan akses adalah transfer informasi dari sumber informasi kepada siswa. Pada teknologi dengan basis komputer dikaji bagaimana mendesain pembelajaran dengan memanfaatkan sumberdaya komputer, termasuk di dalamnya pengaturan pemakai, pengaturan informasi pembelajaran dan pengaturan akses.
Manajemen informasi dan teknologi dengan basis komputer juga melibatkan manajemen sumberdaya. Memperhatikan uraian di atas ditambah dengan pengamatan terhadap perkembangan teknologi, tentunya tidak berlebihan ungkapan yang menyatakan bahwa “perpaduan antara sistem informasi dengan manajemen akan berkembang dan
mempengaruhi Teknologi Pembelajaran, dimana manajemen pengambilan keputusan akan makin tergantung kepada komputerisasi informasi. Dalam komputerisasi sumber pembelajaran, penekanan lebih diberikan pada
keunggulan design perangkat lunak (software) daripada kecanggihan-kecanggihan perangkat keras (hardware). Pengaturan penampilan informasi, keramahan antar muka (interface), dan kemudahan dalam mengakses informasi yang dirasakan oleh pemakai (user) lebih menentukan keberhasilan proses pembelajaran daripada kecanggihan perangkat keras yang dipilih. Bukan berarti bahwa perangkat keras yang canggih tidak
perlu, melainkan harus disesuaikan dengan alokasi biaya, yang penting perangkat keras
yang digunakan kompatibel dengan sistem perangkat lunak yang dikembangkan.
Taksonomi penggunaan komputer dalam bidang pendidikan yang paling banyak digunakan adalah yang diusulkan oleh Taylor (1980), yang mengklasifikasikan
penggunaan komputer dalam bidang pendidikan menjadi tiga kelompok yaitu:
(1) komputer sebagai tutor,
(2) komputer sebagai tool, dan
(3) komputer sebagai tutee.
Komputer sebagai tutor dimaksudkan untuk menjelaskan peran komputer sebagai alat untuk menyajikan materi pembelajaran yang diprogram secara elektronik. Komputer sebagai tool menjelaskan fungsi komputer yang amat luas sebagai alat bantu atau dalam ter minologi McLuhan disebut perpanjangan tangan manusia, agar pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih efisien, misalnya administrasi biaya pendidikan,administrasi nilai, administrasi perpustakaan, dan administrasi lainnya. Komputer sebagai tutee berarti komputer sebagai objek untuk dikontrol melalui pemrograman, agar mampu memecahkan masalah.
Teknologi dengan basis komputer adalah cara untuk memproduksi atau
menyajikan materi dengan menggunakan sumber berbasis mikroprosesor. Apabila
diperhatikan klasifikasi penggunaan komputer dalam pendidikan dari Taylor, maka teknologi dengan basis komputer termasuk dalam klasifikasi komputer sebagai tutor. Akan tetapi perkembangan aplikasi komputer dalam pendidikan menunjukkan bahwa teknologi dengan basis komputer sudah menambahkan tool ke dalam paket aplikasinya. Sehingga perbedaan menggunakan komputer dalam pendidikan sebagai tutor dan penggunaan komputer dalam pendidikan sebagai tool menjadi semakin kabur.
Karakteristik Komputer sebagai Media Pembelajaran
Ada beberapa karakteristik dari teknologi berbasis komputer, baik perangkat keras
maupun perangkat lunak, yang membuat teknologi tersebut dipilih untuk memproduksi dan menyajikan materi pembelajaran. Karakteristik dimaksud adalah sebagai berikut:
(1) Ide abstrak bisa disajikan dalam model dengan menggunakan kata-kata, simbol,
grafik dan animasi sehingga lebih mudah dipahami siswa.
(2) Perpaduan animasi teks dan gambar dengan berbagai animasi tampilan juga dapat menarik minat siswa. Bahkan penggunaan multimedia dan hypermedia yang mampu memadukan teks, grafik dan suara akan lebih menarik perhatian siswa.
(3) Dapat mengakomodasi perbedaan siswa secara individu, menurut kemampuan,
latar belakang kehidupan, pengalaman atau hobi. Suatu hal yang amat sulit untuk
dikerjakan oleh seorang guru sendiri di kelas.
(4) Dapat digunakan secara random sehingga lebih mendukung pelaksanaan controllearner.
(5) Pembelajaran bisa dibuat berorientasi pada siswa dengan teknik interaktif tingkat
tinggi. Dialog bisa dibuat lebih lengkap dengan memanfaatkan basis data
informasi atau bahkan basis pengetahuan.
(6) Faktor-faktor personal guru, seperti sikap, emosi atau persepsi yang dapat mem pengaruhi proses pembelajaran dieleminir secara maksimal. Komputer tidak pernah marah atau kesal, sehingga penampilannya konstan dan memandang siswa sama. Faktor subyektifitas juga bisa dihilangkan secara maksimal karena komputer tidak punya perasaan untuk mengenali siswa cantik, nakal, kaya dan sebagainya. Melainkan hanya bertindak sesuai dengan logika program.
(7) Konvensi sosial yang dapat menghambat perkembangan siswa dapat diminimalkan karena komunikasi antar siswa atau siswa dengan guru difasilitasi oleh komputer. Komunikasi bermedia komputer relatif dapat mengeleminir perbedaan ruang dan waktu. Dibalik karakteristik yang menguntungkan, pembelajaran berbantuan komputer masih memiliki keterbatasan dibandingkan dengan pembelajaran yang dimiliki guru. Keterbatasan yang dimaksud, adalah:
(1) Komputer tidak mampu mengenali situasi siswa, apakah siswa sudah lelah,
merasa kesal atau menemui kesulitan. Apabila ini dibiarkan akan menimbulkan
frustasi.
(2) Di tingkat awal, selain sebagai pengajar, guru juga bertindak sebagai pendidik
dengan melakukan komunikasi interpersonal dengan siswa. Kemampuan
mendidik ini tidak dimiliki komputer, karena komputer tidak mampu melakukan
komunikasi interpersonal dengan siswa.
IV.PENUTUP
Simpulan
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini
berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan,atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya. Pendidikan tidak antipati atau alergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya. Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan secara otomatis dapat berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri. Hal ini disebabkan, karena teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran dalam berbagai bentuk, seperti basis data, sistem pakar atau multimedia/hipermedia. Di lain sisi, teknologi informasi juga dapat berperan dalam pembinaan sikap. Sikap yang bisa ditingkatkan meliputi sikap teliti, sikap konsisten dan sikap tepat waktu.
Di sisi lain, peran teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentunya terdapat pula pengaruh negatif dari teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi juga menghasilkan pembuat virus yang sewaktu-waktu dapat mengancam data. Selain itu, banyak hacker yang lahir dari kemajuan teknologi informasi, yang dapat merusak basis-data perusahaan atau institusi lainnya. Akan tetapi, itu semua harus diakui sebagai efek samping dari kemajuan teknologi, yang mesti diwaspadai tanpa harus takut
menggunakan teknologi informasi. Dengan kata lain, virus atau hacker bukan dijadikan halangan untuk memajukan teknologi informasi, dengan asumsi bahwa pengaruh positifnya masih jauh lebih besar. Peran teknologi informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sikap dan etika serta estetika tetap harus diperjuangkan. Dengan demikian, tujuan pendidikan untuk mencerdaskan bangsa dengan beretika dan
berestetika dapat terwujud.
Saran
Disarankan kepada guru dan siswa agar mampu memanfaatkan TI khususnya dalam bidang pendidikan, karena dengan menguasai TI akan dapat meningkatkan
kualitas pendidikan, baik dari segi hasil belajar dan penguasaan teknologi informasi. Agar dunia pendidikan di Indonesia bisa maju dan berkembang searah dengan perkembangan teknologi maka akan banyak para pencetak kesuksesan dan keberhasilan. Dengan adanya fasilitas dan prasarana yang mendukung maupun sumber daya manusianya sendiri diharapkan agar bisa menghasilkan bibit-bibit yang unggul. Selain itu dampak bagi dunia pendidikan sangatlah positif karena mempermudah dan memperbesar wawasan kita tentang teknologi yang kita gunakan untuk melaksanakan proses pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Gairola, C. M. Information and Communications Technology for Development. New Delhi, 2004 Hariningsih. Teknologi Informasi. Penerbit Graha Ilmu. 2005. Ade Koesnandar, Guru dan Media Pembelajaran, Jurnal Teknodik No.13, Jakarta, 2003 Yuliana dan Mariani, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2004 Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, 2009.
Komentar
Posting Komentar